Sebelum membicarakan pengertian metodologi pengajaran agama islam terlebih dahulu perlu dibicarakan pengertiaan di Didaktik, Metodik, dan metodologi. Istilah didaktif berasal dari bahasa yunani yaitu :didastikas yang berarti pandai mengajar.dengan demikian yang dimaksud dengan didaktif yaitu ilmu yang membicarakan atau memberikan prinsip tentang cara-cara menyampaikan bahan pelajaran, sehingga dikuasai dan dimeliki oleh peserta didik. Dengan kata lain ilmu tentang mengajar dan belajar , tegasnya suatu ilmu tentang guru mengajar dan peserta didk belajar.
Jika dalam didaktik terkandung dua kegiatan yaitu kegiatan “mengajar”dan “belajar”. Kegiatan mengajar dipihak guru sedangkan kegiatan belajar dipihak peserta didik. Dengan kegiatan mengajar guru yang aktif sedangkan dalam kegiatan belajar peserta didik yang aktif. Didaktik pada umumnya dibedakan menjadi dua macam yaitu didaktik umum dan khusus. Didaktik umum memberikan prinsip-prinsip umum yang berhubungan dengan penyajian bahan pelajaran yakni motivasi, peragaan-peragaan, minat dan lain-lain agar anak menguasainya.
Prinsip-prinsip itu berlaku bagi semua mata pelajaran, apakah biologi, Pendidikan Agama Islam, psikologi, geografi, dan sebagainya. Jadi didaktik umum ialah ilmu yang membicarakan tentang bagaimana proses pembelajaran pada umumnya yang berlaku untuk tiap-tiap mata pelajaran dan bahan pelajaran. Didaktik umum ini seruing juga disebut “ilmu pelajaran umum “ atau “ilmu mengajar secara umum”. Didaktif khusus menbicarakan tentang cara mengajar bidang studi tertentu dimana prinsip didaktik umum di gunakan. Didaktik khusus perlu sebab setiap bidang studi mempunyai ciri-ciri khas yang berlainan. Didaktik khusus disebut juga metodik.
- Pengertian Metodik
Metodik berasal dari bahasa Yunani yaitu metha berarti melalui dan hodos berarti jalan atau cara. Karena itu, metodik berarti jalan atau cara yang harus dilalui untuk mencapai tujuan tertentu atau dengan perkataan lain metodik ialah ilmu tentang cara yang harus dilalui dalam proses pembelajaran agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Misalnya, metodik membaca, metodik menghitung, metodik menulis dan sebagainya.
Metodik dapat pula dibagi kedalam dua macam yaitu: (1) metodik umum, dan (2) metodik kusus. Metodik umum membicarakan cara mengajar pada setiap mata pelajaran pada umumnya, seperti : cara mengajar bahasa,sejarah, ilmu pengetahuan alam dan sebagainya. Dibicarakan juga sebagai metode mengajar yang dapat digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran. Metodik khusus, membicarakan bagaimana menyajikan bahan pelajaran tertentu kepada peserta didik tertentu. Misalnya: metode khusus mengajarkan mata pelajaran SD, berbeda pula tentunya untuk tingkat SLTP dan SMA, serta perguruan tinggi.
- Pengertian Metode
Metode mengajar dapat diartikan sebagai cara yang dipergunakan oleh guru dalam mengadakan hubungan dengan peserta didik pada saat berlangsungnya proses pembelajaran. Dengan demikian, metode mengajar merupakan alat untuk menciptakan proses pembelajaran. Dalam pandangan filosofis pendidikan, metode merupakan alat yang dipergunakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Alat itu mempunyai fungsi ganda, yaitu bersifat polipragmatis dan monopragmatis.
Polipragmatis bilamana metode mengandung kegunaan yang seba ganda (multi purpose),misalnya suatu metode tertentu pada suatu situasai kondisi tertentu dapat digunakan untuk membangun atau memperbaiki. Kegunaannya dapat bergantung untuk membangaun atau memperbaiki. Kegunaannya dapat bergantung pada si pemakai atau pada corak, bentuk, dan kemampuan metode sebagai alat, sebaliknya monoprogmatis bilamana metode mengandung satu macam kegunaan untuk satu macam tujuan penggunaan mengandung implikasi bersifat konsisten, sistematis dan kebermaknaan menurut kondisi sasarannya mengingat sasaran metode adalah manusia sehingga pendidik dituntut untuk berhati-hati dalam penerapannya.
Para ahli mendefinisikan metode sebagai berikut:
- Hasan Langgulung mendefinisikan bahwa metode adalah cara atau jalan yang harus dilalui untuk mencapai tujuan pendidikan
- Abd al-Rahman Ghunaimah mendefinisikan bahwa metode adalah cara-cara yang praktis dalam mencapai tujuan pengajaran
- Al-Ahrasy mendefinisikan pula bahwa metode adalah jalan yang kita ikuti untuk memberikan pengertian kepada peerta didik tentang segala macam metode dalam berbagai pelajaran.
- Berdasarkan beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa metode adalah seperangkat cara, jalan dan teknik yang digunakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran kepada peserta didik capai tujuan pembelajaran atau kompetensi tertentu yang dirumuskan dalam silabus mata pelajaran.
- Pengertian Metodologi Pengajaran
Istilah metodologi pengajaran terdiri atas dua kata yaitu, “metodologi” dan “pengajaran”. “metodologi” terdiri pula atas: “metoda” dan “logi”. “logi” berasal dari kata logos yang berarti “ilmu”. Jadi, metodologi ialah suatu ilmu yang membicarakan cara atau jalan yang harus dilalui untuk mencapai tujuan atau menguasai kompetensi tertentu. Sedangkan pengajaran adalah proses penyajian atau bahan pelajaran yang disajikan. Dengan demikian metodologi pengajaran berarti suatu ilmu yang membicarakan tentang jalan atau cara yang harus dilalui untuk mencapai tujuan pembelajaran atau menguasai kompetensi tertentu yang dirumuskan dalam silabus mata belajaran. Metodologi pengajaran tidak akan ada artinya kalau tidak dilaksanakan dalam praktek pendidikan. Pelaksanaan metodologi pendidikan itu dalam pendidikan itu dalam pendidikan disebut “metode mengajar”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar